5 Tanda Istri Tak Bahagia dalam Pernikahan

ilustrasi

ilustrasi

Menikah, memang bukan semata-mata untuk bahagia. Namun, salah satu indikator kesuksesan pernikahan adalah timbulnya saling mencintai antara suami istri yang kemudian menjadikan dua insan itu bahagia dalam berkeluarga.

Suami istri memiliki tugas dan tanggungjawab berbeda dalam pernikahan. Namun keduanya perlu saling melengkapi dan membahagiakan.

Sering terjadi, istri sangat sibuk dengan tugas domestik mulai dari memasak, mencuci, mengasuh anak dan seabrek aktifitas lainnya. Jika kemudian suami kurang perhatian dan egois, istri akan semakin terbebani dan hal itu bisa mengurangi bahkan menghilangkan kebahagiaan dalam pernikahan.

Berikut ini lima tanda istri tidak bahagia dalam pernikahan, semoga menjadi bahan renungan bagi para suami jika istri Anda mengalami lima tanda ini.

1. Lebih banyak diam

Umumnya wanita bicara 20.000 kata sehari sedangkan pria hanya bicara 7.000 kata sehari. Istri pada umumnya lebih banyak bicara daripada suami.

Namun, jika terjadi istri Anda lebih banyak diam atau berubah menjadi pendiam dan tidak tertarik untuk berkomunikasi, Anda perlu waspada jika ternyata dia tidak bahagia. Dekatilah ia, ajaklah bicara dari hati ke hati agar engkau tahu apa yang sebenarnya terjadi.

Sering kali wanita hanya perlu diajak bicara dan didengarkan, itu sudah membuatnya bahagia.

2. Mudah marah

Wanita yang merasa tidak bahagia, ia menjadi mudah marah. Ada hal-hal kecil bisa memicunya untuk marah. Anak rewel sedikit, membuatnya marah. Mencari barang tidak ketemu, ia marah. Suami pulang terlambat, ia juga marah.

Segera lakukan introspeksi jika istri sering marah. Apalagi jika perubahan itu baru saja terjadi. Barangkali ada hal yang membuatnya tidak bahagia dalam waktu dekat ini.

3. Merasa lelah

UCLA melakukan sebuah penelitian terkait korelasi kebahagiaan pernikahan dengan kortisol pada wanita. Kesimpulannya, wanita yang tidak bahagia, kadar kortisolnya tinggi. Hal ini membuat tubuhnya cepat lelah meskipun sudah mengonsumsi makanan bergizi, berolahraga dan cukup istirahat.

4. Menolak berhubungan

Tanda berikutnya dari ketidakbahagiaan seorang istri adalah enggan disentuh suami. Apalagi jika penyebab ketidakbahagiaan itu adalah suaminya. Nah, jika disentuh saja enggan, maka diajak berhubungan pun ia kerap menolak.

5. Tidak mudah percaya

Wanita yang tidak bahagia dalam pernikahannya sering kali bersifat posesif. Ia tidak mudah percaya dengan suaminya. Suami pulang terlambat, istri bingung dan mencari informasi macam-macam. Istri juga berusaha mencari tahu apa yang dilakukan dan terjadi dengan suaminya, hingga sampai pada upaya mengecek isi HP dan komunikasi suami.

Semoga lima hal ini tidak terjadi pada istri Anda. Namun jika benar-benar terjadi, itu justru kesempatan yang diberikan Allah agar Anda lebih bisa membahagiakan istri dengan melakukan introspeksi dan perbaikan-perbaikan diri serta hubungan pernikahan. [Webmuslimah]

Tentang maskur bin rusli

ingin lebih memahami dalam segala hal/bidang, aamiiin !
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Ilmu Islam, Keluarga Cinta, Muslimah, Renungan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s