Biografi Singkat Imam-Imam Pendiri Mazhab Yang 4

ilustrasiRIHLAH (KISAH PERJALANAN HIDUP) SINGKAT PENDIRI MAZHAB 4
(IMAM HANAFI, IMAM MALIKI , IMAM SYAFI’I DAN IMAM AHMAD BIN HAMBAL )

IMAM ABU HANIFAH (NU’MAN BIN TSABIT)
لَوْكَانَ اْلعِلْمُ بِالثَّرَيَا لَنَالُهُ رِجَالٌ مِنْ فَارِسِ

“Jikalau adalah ilmu dibintang surayya sungguh akan didapat oleh seseorang yang berasal dari Persia.”

Beliau lahir pada kurun sahabat pada tahun 80 H, beliau orang yang a’bid (ahli ibadah), Zahid (orang yang memelihara diri dari makruh dan syubhat) lagi a’rif billah(mengenal Allah swt) . Kemudian pernah Hafsin bin Abdurrahman mennceritakan bahwa ‘’ Abu Hanifah seseoran yang mengidupkan malam dengan mengkhatam al-Quran dalam tiap-tiap rakaat shalatnya selama 30 tahun. Dan telah berkata pula Sayed bin Umar bahwa Abu Hanifah melakukan shalat subuh dengan wudzuk shalat isya selama 40 tahun, diriwayatkan pula beliau sangat ketakutan ketika mendengar lantunan ayat :
إذا زلزلت الأرض زلزالها
‘Apabila bumi digoncangkan dengan goncangan yang amat berat” (al-Zalzalah ayat 1)

Senantiasa beliau memegang janggutnya mulai malam sampai waktu fajar dengan berkata :
نجزى بمثقال ذرة
‘’Kita sekalian akan dibalaskan apa yang kita lakukan walaupun sebelarat biji sawi’’

Inilah sedikit perjalanan Imam Abu Hanifah .Mudah-mudahan rahmat Allah tercurah keapadanya.Beliau wafat pada bulan Rajab atau Sya’ban pada tahun 150 H.

IMAM MALIK RA ( MALIK BIN ANAS )
لا تنقضي الساعة حتى تضرب أكباد الإبل من كل ناحية إلى عالم المدينة يطلبون علمه
“Tidak terlepas sehingga dipercepat unta pada tiap-tiap pelosok kepada seseorang yang alim di Madinah untuk mereka tuntut ilmu padanya.”

يُوْشِكُ اَنْ تَضْرِبَ أَكَبَادَ اْلِابِلِ يَطْلُبُوْنَ اْلعِلْمَ فَلَايَجِدُوْنَ اَحَدًا اَعْلَمَ مِنْ عَالِمِ المدينة فكانوا يزدحمون على بابه لطلب العلم
“Hampirlah dipercepat unta bagi orang menuntut ilmu maka tidak diperdapatkan seseorang yang lebih alim dari Madinah maka manusia berdesak-desakan pada rumahnya untuk menuntut ilmu.”

Beliau dilahirkan pada tahun 93 H tapi ada yang menatakan juga tahu 90 H , beliau adalah termasuk dari tabi’ –tabi’in (pengikut yang mengikuti sahabat). Beliau berguru kepada 700 guru ,300 dari guru tersebut adalah tabi’in (pengikut saahabat). Imam Malik bermimpi bertemu dengan rasulullah saw pada tiap-tiap malam ketika ia tidur , sehingga Imam Abu Hanifah ra pernah ditanyakan tentang Imam Malik ra dan beliau menjawab :
ما رأيت أعلم بسنة رسول الله صلى الله عليه وسلم منه

‘’tidak pernah aku lihat orang lebih mengerti tentang sunnah rasulullah saw daripada Imam Malik’’.

Maka inilah perjalanan singkat dari kehidupan Imam Malik ra selaku pendiri dari mazhab Maliki dan beliau meninggal dunia pada tahun 178 H serta dikebumikan di perkuburan Baqi’ dan kubur beliau sebagaimana yang telah masyhur.

IMAM SYAFI’I RA ( MUHAMMAD BIN IDRIS )
عَالِمُ قُرَيْش يَمْلَأُ طَبَاقَ اْلاَرْضِ عِلْمًا
“Seorang yang alim dari bangsa qurasy yang memenuhi ilmunya dilapisan bumi”.

Imam Syafii lahir di gaza pada tahun 150 H (hari wafat Abi Hanifah) , ketika umur 2 tahun beliau dan ibunya berhijrah ke Mekkah ketika umur 9 tahun beliau sudah menghafal al-Quran dan menghafal kitab hadis al-Muwata’ pada ketika umur 12 tahun ,kemudian belajar kepada pada seorang mufti di Mekkah bernama Muslim bin Khalid , beliau mengizinkan kepada Syafii men-iftakan hukum ketika berumur 15 tahun ketika itu syafii telah yatim dan hidup dalam keluarga yang miskin .
Kemudian beliau datang ke Madinah berguru pada Imam Malik belajar pada beliau beberapa lama, pada tahun 195 Syafii datang ke kota Bagdad menetap selama 2 tahun.Beliau bertemu dengan banyak para ulama mazhab dan mengarang selama disana kitab Qadim, setelah itu kembali lagi kota Mekkah , kemudian pada tahun 198 kembali lagi ke Bagdad dan menetap disana, dan pergi kedua kalinya ke Mesir sampai wafat beliau disana pada hari Jumat bulan Rajab tahun 204 H.

IMAM AHMAD BIN HAMBAL RA

Dilahirkan pada tahun 194 H beliau pearawi hadis yang sangat siqah pada zamannya,pribadi yang zuhud, war’a ,’abid .Anaknya Abdullah berkata ‘’Bahwa ayahku membaca Al-Quran pada tiap-tiap malam 1/7 quran dan mengkhatamnya dalam tujuh hari kemudian beliau qiyamu laili hingga pagi serta shalat pada setiap malamnya sebanyak 300 raka’at . Imam Syafii juga pernah berkata bahwa Imam Ahmad seorang yang sangat zuhud,wara’ dan rajin baribadah pada waktu malamnya.
Beliau pada mulanya ulama bermazhab Syafii hal yang menarik lagi dari beliau adalah membagikan malam kepada 3 bagian, satu bagian untuk ilmu,satu bagian untuk ibadah dan satu bagian lagi untuk istirahat dan mengkhatamkan al-Quran setiap hari, sedangkan pada bulan Ramadhan mengkatamkannya sebanyak 60 kali semuanya dilakukan dalam shalat.
Beliau pernah berkata :
‘’ما شبعت منذ ست عشرة سنة لأنه يثقل البدن ويقسي القلب ويزيل الفطنة ويجلب النوم ويضعف صاحبه عن العبادة ‘’
‘’وما حلفت بالله في عمري لا كاذبا ولا صادقا’’
”Aku tidak pernah merasa kenyang sejak berumur 16 tahun karena kekenyangan akan memberatkan badan,mengotori hati ,menghilangkan kecerdikan,menyebabkan ngantuk dan melemahkan seseorang dari pada ibadah ”
‘’Dan aku tidak pernah bersumpah dengan nama ALLAH dalam hidupku baik sumpah kebohongan atau kebenaran’’

Pada suatu ketika beliau pernah ditanyakan suatu pertanyaan tetapi beliau diam tidak memberi jawaban, kemudian sipenanya bertanya keapada Imam Ahmad ‘’mengapa anda diam’’ dan Imam Ahmad menjawab ‘’aku tidak akan berkata apapun hingga aku tau mana yang lebih mamfaat antara diam atau berbicara’’. Diantara kelebihan Imam Ahmad beliau adalah salah seorang yang mustajabah doanya serta tidak pernah diketahuikan dosanya baik yang besar maupun yang kecil.
Diantara syair beliau adalah :
مت مطامعي فأرحت نفسي فإن النفس ما طمعت تهون
وأحييت القنوع وكان ميتا ففي إحيائه عرضي مصون
إذا طمع يحل بقلب عبد علته مهانة وعلاه هون
Matilah sifat rakusku niscaya senanglah jiwaku
Sesungguhnya nafsu jika rakus ia maka mudah ia (dalam kesalahan)

Jika hidup sifat qanaah maka matilah nafsu
Jika terdapat qanaah pada seseorang niscaya datanglah penjagaan

Jika seseorang rakus maka bertempat dalam hati hamba-
Penyakit kehinaan dan jauhlah dari kemudahan
Dan diantara doa beliau adalah :
اللهم امنن علينا بصفاء المعرفة وهب لنا تصحيح المعاملة فيما بيننا وبينك على السنة وارزقنا صدق التوكل عليك وحسن الظن بك وامنن علينا بكل ما يقربنا إليك مقرونا بعوافي الدارين برحمتك يا أرحم الراحمين
Artinya : ‘’Ya Allah berikan pada kami kesucian ma’rifah ,dan beerikan kami kebaikan hubungan antara kami dan engkau di atas sunnah, rizkikan kami kebenaran tawakkal dan sangkaan baik padamu, Ya Allah berikan kami kemudahan dalam mendekati diri kami padamu keberkahan dunia dan akhirat dengan rahmatmu wahai yang memberi rahmat’’

Adapun wafat Imam Ahmad bin Hambal pada tahun 241 H . Ini hanyalah sedikit kelebihan Imam Ahmad bin Hambal tetapi masih banyak kelebihan-kelebihan beliau yang tidak mungkin kita sebutkan di sini , mudah-mudahan kita bisa bertabaruk serta mengambil suri teladan kepada mereka yang sangat dekat dengan Allah swt.
KESIMPULAN
Ini adalah beberapa kelebihan dari 4 Imam mazhab dengan keilmuan mereka bagaikan matahari di siang hari , sudah sepatutnya bagi kita meneladani karakter yang mereka miliki karena kedekatan mereka kepada Allah swt.
1. Umur Imam Abu Hanifah bin Nu’man 70 tahun (80 H-150 H)
2. Umur Imam Malik 89 tahun (90 H- 179 H)
3. Umur Imam Syafii 54 tahun (150 H -204),
4. Umur Imam Ahmad bin Hambal 77 tahun (164 H- 241 H)

REFERENSI >>lbm.mudimesra.com  KITAB I’ANATU THALIBIN JUZ 1 HAL.16-17 (HARAMAIN)

Waallhu A’lam

Tentang maskur bin rusli

ingin lebih memahami dalam segala hal/bidang, aamiiin !
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Sejarah. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s