Cara Membedakan Madu Asli Dan Madu Palsu

Cara Membedakan Madu Asli Dan Madu Palsu – Madu merupakan salah satu dari banyak minuman yang alami yang paling banyak orang konsumsi. Namun disebakan oleh kebutuhan yang besar maka sangat banyak yang ada saja produk madu yang mereka buat palsu yang kemudian di jual bebas dipasaran umum. Memang untuk membedakannya akan cukup sulit untuk bisa melihat mana madu asli dan madu yang palsu jika hanya dari kemasannya saja.

Madu sendiri merupakan bahan nektar yang lebah dapatkan dari bunga bunga. Kemudian nektar tersebut akan dikumpulkan dalam sarang lebah sehingga proses pengolahan madu akan terjadi dalam sarang tersebut. Tahap yang pertama enzim yang dihasilkan oleh setiap lebah akan bercampur aduk dengan nektar, kemudian akan masuk dalam proses fermentasi untuk dijadikan nektar. Kemudian akan menjalani proses yang menghasilkan madu dan pada tahap yang terakhir setiap cairan dalam madu tersebut akan keluar dan hanya akan tersisa madu yang murni.

madu asli

madu asli

Cara Membedakan Madu Asli Dan Madu Palsu

Madu asli mempunyai warna yang coklat agak keemasan. Namun banyak dari madu palsu juga dibuat dengan warna seperti ini. Berikut ini akan kami hadirkan beberapa langkah yang dpat Anda lakukan untuk bisa membedakan mana madu yang asli dan mana madu yang palsu.

CARA MEMBEDAKAN MADU ASLI DAN MADU PALSU

1. Tes Madu dengan menggunakan Air

Madu merupakan bahan murni dari hasil olahan nektar yang tidak mengandung air didalamnya. Sehingga kita dapat melakukan beberapa tahapan tes yang sederhana ini. silakan anda Tuangkan air mineral ke sebuah gelas atau sebuah tempat yang dibuat dari elemen kaca. Kemudian silakan anda berikan satu sendok saja dari madu. Maka anda akan lihat hasilnya:
Madu yang asli : madu yang asli tidak akan mudah bercampur aduk dengan air yang kita tuangkan, sehingga jika madu itu kental maka akan tenggelam di bagian bawah gelas yang berisi air tersebut. Bahkan setelah kita mengaduk madu dan air tersebut maka bagian madu asli akan sulit bercampur aduk dengan airnya.
Madu yang palsu: akan mudah bercampur aduk dengan air, yang dapat dilihat karena madu tidak akan tenggelam dan justru akan bercampur dengan air yang kita tuangkan serta tidak mengental.
2. Tes Madu dengan Metode Kristalisasi

Saat madu masuk ke proses yang ketika maka semua air dalam madu akan keluar dan cuma meninggalkan enzim khusus jika disimpan lama tidak akan mudah rusak. Anda dapat melihat proses kristalisasi ini dalam madu dengan menyimpannya dalam botol kaca. Maka anda akan lihat hasilnya :
Madu yang asli: pada bagian madu dibawah botol akan mengental dan membentuk bentuk kristal. Proses tersebut masih berhubungan dengan enzim yang ada dalam madu tersebut dan tidak akan pernah rusak meskipun disimpan dalam waktu yang lama.
Madu yang palsu: madu yang palsu sama
sekali tidak akan terjadi endapan dalam bentuk kristal di bagian bawah botol yang berisi madu. Bahkan madu akan terlihat sangat cair. 3. Tes Kelengketan madu.

Madu memang terlihat sangat lengket sehingga terkadang sulit dihapus dari bagian kulit. Namun madu palsu juga sering dicampur dengan gula. Cara pengetesan ini dengan menerapkan madu pada jari-jari tangan. Biarkan selama kurang lebih dua menit, maka hasilnya adalah:
Madu yang asli : madu yang asli akan meleleh perlahan namun akan sangat kuat sehingga akan terlihat tidak akan dapat dipisahkan dari sumbernya.
Madu yang palsu : madu yang palsu ini akan sangat lengket dan bahkan jika kita menempelkan jari jemari kita satu sama lainnya maka akan ada bagian madu yang akan terus melekat.
4. Tes Madu dengan Menggunakan Kertas.

Madu yang asli bisa dilihat dengan tidak ada air dalamnya atau kandungan airnya yang sedikit, namun Hal ini berbeda sekali dengan beberapa jenis madu yang palsu yang mereka ditambah dengan menuangkan atau mencampur aduk madu dengan air dan juga gula. Untuk bisa kita melihat komposisi air yang ada dalam madu ini, maka Anda dapat melakukannya dengan menuangkan sesendok teh madu dalam sebuah kertas. anda Pisahkan antara kertas tersebut diantara kertas untuk madu asli dan madu yang palsu. kemudian silakan anda tunggu sehingga waktu tiga menit, maka anda akan lihat hasilnya :
Madu yang asli : karena kandungan kadar air yang sedikit dalam madu atau bahkan tidak ada sama sekali, maka pada bagian kertas yang kita tetesi dengan madu tidak akan pernah berlubang. Tidak ada dari air yang akan menembus kertas.
Madu yang palsu : karena madu mempunyai kandungan air maka dari bekas tetesan madu pada bagian kertas akan meninggalkan bekas lubang atau bisa juga sobekan pda kertas.
5. Tes Madu dengan Api

Mengetes madu bisa juga kita lakukan dengan mengetes kelembapan. Cara untuk kita tesnya adalah dengan mencelup batang dari korek api atau bisa juga lilin yang telah menyala dalam gelas yang berisi madu. Anda dapat melihat hasilnya dengan:
Madu yang asli : batang dari korek api akan tenggelam dan api dari batang korek seperti terhisap pelan pelan ke dalam madu dan setelah itu api akan mati. Hal ini karena madu yang asli mempunyai tingkatan kelembapan pada tingkatan yang sangat rendah.
Madu yang palsu: batang korek api tersebut akan tenggelam dan bahkan akan lebih cepat tenggelam dan kemudian api dengan seketika akan padam langsung tanpa bisa terserap ke bagian dalam dari madu palsu tersebu.
Demikianlah Cara Membedakan Madu Asli Dan Madu Palsu, semoga bisa bermanfaat untuk anda semua dan kami beritahukan yang bahwa jika madu yang palsu kita konsumsi dalam waktu yang lama maka akan menimbulkan efek bagi tubuh kita seperti penyakit diabetes dan akan menimbulkan bahaya obesitas, itu apabila yang ditambhkan adalah pemanis buatan, dan madu yang palsu juga bisa menimbulkan penyakit ginjal dan kanker, dan terkadang olahan dalam membuat madu yang palsu diolah dengan tidak sehat, sehingga bakteri akan mudah berbaur dan akan menimbulkan penyakit yang lainnya.

Jadi, sebelum mengkonsumsi madu, sebaiknya anda mengecek dahulu apakah madu itu asli ataukan madu itu palsu. sumber : [umdah.co] [halosehat.com]

Tentang maskur bin rusli

ingin lebih memahami dalam segala hal/bidang, aamiiin !
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Quick news. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s