Prancis Dukung Keanggotaan Palestina di PBB, AS Keberatan

ilustrasi

Washington – Pemerintah Prancis menyatakan dukungan bagi Palestina untuk mendapat status resmi di PBB. Pemerintah Amerika Serikat (AS) dengan tegas menyatakan tidak setuju dengan sikap sekutunya tersebut.

“Kami dengan jelas menyatakan tidak setuju dengan sekutu tertua kami untuk isu ini. Mereka tahu bahwa kami sangat tidak setuju dengan sikap mereka,” ujar juru bicara Kementerian Luar Negeri AS, Victoria Nuland, seperti dilansir AFP, Rabu (27/11/2012).

“Namun itu semua merupakan kedaulatan mereka untuk memutuskan, untuk melanjutkan dukungan,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Nuland memastikan, jika voting dilakukan dalam Majelis Umum PBB pekan ini, maka AS jelas-jelas akan memilih berlawanan dengan permohonan Palestina. Diketahui bahwa Palestina selama ini menginginkan untuk menjadi salah satu anggota tetap PBB.

“Kami fokus pada tujuan kebijakan kami di lapangan, untuk rakyat Palestina, untuk rakyat Israel juga, yang bertujuan akhir agar kedua pihak bisa hidup damai berdampingan satu sama lain,” tutur Nuland.

“Tidak akan sikap lain di PBB yang bisa membawa Palestina lebih dekat pada kondisi tersebut… Jika memang ada voting, kami akan memilih ‘tidak’,” tegas Nuland.

Diketahui bahwa Prancis merupakan negara Eropa pertama yang mendukung keinginan Palestina untuk meningkatkan status keanggotaannya di PBB. Selama ini, Palestina hanya sekedar menjadi anggota pemantau PBB.

Sebuah proposal tengah diajukan ke Majelis Umum PBB dan membutuhkan dukungan mayoritas dari total 193 anggota tetap PBB. Diprediksikan sekitar 11-15 negara kawasan Uni Eropa akan mendukung proposal Palestina tersebut.

Sumber : http://news.detik.com

Tentang maskur bin rusli

ingin lebih memahami dalam segala hal/bidang, aamiiin !
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Quick news. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s