Ada Kebun Emas di Subulussalam

SERAMBINEWS.COM, SUBULUSSALAM – Warga Kota Subulussalam khususnya kecamatan Runding dalam sepekan terakhir ini dihebohkan dengan penemuan patok Belanda di areal kebun yang disebut-sebut mengandung emas. Meski belum diuji secara ilmiah, warga sekitar meyakini kalau di lokasi patok tersebut mengandung emas.

”Tidak perlu diragukan lagi, karena dari bukti-bukti sejarah, kami yakin dengan patok tersebut,” kata Jaddam Basri (49) salah seorang tokoh masyarakat Kecamatan Runding yang ditanyai Serambinews.com, Sabtu (24/11/2012).

Jaddam yang juga mantan Kepala Desa Panglima Sahman, mengatakan patok buatan Belanda tersebut berlokasi di lahan usaha dua Transmigrasi Runding sekitar 1,5 kilometer dari kantor camat setempat. Patok berukuran sekitar 1X1 meter itu bertuliskan “Ducth 1 pr pilar 1934 ime open 1992 cts under mine gold coin Amouxt hevy 800721”.

Lahan tersebut milik Kalam (36) Penduduk asal Desa Tanah Tumbuh dan kini berdomisili di Pasar Runding, Kecamatan Runding dengan luas sekitar lebih kurang satu hektar. Namun dalam hal ini tidak ada yang dapat mengartikan secara benar isi tulisan pilar tersebut.

”Arti sebenarnya kami tidak tahu jelas karena tulisan Belanda, tapi kalau jumlah berat 800721 itu adalah ons maka jika dibagikan kepada masyarakat Runding bisa mendapat dua kilogram satu orang,” kata Jaddam.

Lebih jauh Jaddam mengatakan, bahwa sebenarnya pilar atau patok Belanda tidak hanya di Runding namun juga terdapat di sejumlah lokasi lainnya seperti Desa Dah bernama Pilar Selemeng dibuat tahun 1933-1934.

Kepala Dinas Pertambangan energi dan Sumber Daya Mineral (Distamben & SDM) Kota Subulussalam, Hasanuddin yang dikonfirmasi Serambinews.com, Sabtu malam mengaku telah mendapat kabar secara lisan.

“Saya memang mendapat kabar itu, tapi belum turun ke lapangan untuk survei. Infonya baru saya dapat Jumat malam, insya Allah dalam waktu dekat ini kami akan turun ke lokasi,” katanya.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, saat ini lokasi patok bertuliskan bahasa Belanda itu sudah diamankan pihak kepolisian setempat dengan memasang garis polisi (police line).

Sumber : http://aceh.tribunnews.com

Tentang maskur bin rusli

ingin lebih memahami dalam segala hal/bidang, aamiiin !
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Quick news. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s